Terkuak! Alasan Sebenarnya AS Larang Masuk Panglima TNI Gatot Nurmantyo

Terkuak! Alasan Sebenarnya AS Larang Masuk Panglima TNI Gatot Nurmantyo

Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia meminta maaf terkait pelarangan terhadap Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo dan istri ketika hendak berangkat ke Amerika Serikat. Permintaan maaf itu dimuat dalam situs resmi Kedubes Amerika Usembassy.gov.

" Dubes AS Joseph Donovan Jr telah meminta maaf kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi atas ketidaknyamanan yang dialami oleh Panglima TNI," tulis Kedubes Amerika, Minggu 22 Oktober 2017.

Saat ini, Kedubes Amerika Serikat terus berkoordinasi dengan Mabes TNI terkait masalah ini. " Kedutaan Besar AS terus berkomunikasi dengan staf Panglima TNI sepanjang akhir pekan," tulis pernyataan resmi tersebut. Berikut pernyataan resmi Kedubes AS terkait pelarangan Panglima TNI masuk wilayah AS:

Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata AS Jenderal Joseph Dunford mengundang Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo untuk menghadiri konperensi kepala staff angkatan bersenjata Chiefs of Defense Conference on Countering Violent Extremism di Washington, D.C, 23-24 Oktober. Jenderal Gatot tidak dapat melakukan perjalanan sesuai rencana. Kedutaan Besar AS terus berkomunikasi dengan staf Panglima TNI sepanjang akhir pekan, berusaha untuk memfasilitasi perjalan Jenderal Gatot ke AS.

Dubes AS Joseph Donovan Jr telah meminta maaf kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi atas ketidaknyamanan yang dialami oleh Panglima TNI. Kedubes AS siap untuk memfasilitasi perjalanan Panglima TNI ke AS. Kami tetap menjaga komitmen kami untuk Kemitraan Strategis dengan Indonesia sebagai cara untuk memberikan keamanan dan kemakmuran baik bagi bangsa maupun masyarakat di kedua negara.
Kementerian Luar Negeri (Kemlu) langsung bereaksi ketika mengetahui Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo dan istri dilarang masuk ke Amerika Serikat pada Sabtu, 21 Oktober 2017 kemarin.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Armanatha Nasir mengatakan, untuk mengetahui alasan Amerika Serikat melarang Gatot masuk ke wilayahnya, Kemlu segera memanggil Wakil Duta  Besar (Dubes) Amerika Serikat untuk Indonesia besok, Senin 23 Oktober 2017.

" Mengingat Dubes AS sedang tidak di Jakarta, Wakil Dubes AS juga telah dipanggil untuk ke Kemlu besok guna memberikan keterangan," kata Armanatha dalam keterangannya, Minggu, 22 Oktober 2017.

Selain itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington DC juga telah mengirim nota diplomatik kepada Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, untuk meminta klarifikasi atas kejadian itu.

" Kemlu RI pagi ini juga kirim nota diplomatik ke Kedubes AS di Jakarta untuk meminta keterangan atau penjelasan terkait kejadian kemarin," ucap Armantha.

Hingga saat ini, belum ada penjelasan resmi dari pemerintah Amerika Serikat terkait pelarangan Gatot dan istri masuk ke wilayah mereka. Keberangkatan Gatot Nurmatyo sendiri bersama istri dan delegasi ke negeri Paman Sam itu atas undangan resmi Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat Jenderal Joseph F. Durford, Jr untuk menghadiri acara Chiefs of Defence conference on country violent Extremist organizations ( VEOs).
Rencananya, Gatot akan menghadiri Chiefs of Defence conference on country violent Extremist organizations ( VEOs). Acara itu dilaksanakan pada 24-24 Oktober 2017 di Washington DC dan akan dihadiri oleh 78 Panglima Angkatan Bersenjata dari kawasan Asia-Pasifik.

Gatot Nurmantyo dan delegasi berangkat menghadiri acara tersebut pada Sabtu, 21 Oktober 2017 kemarin, tapi tak jadi terbang lantaran pihak maskapai Emirates memberitahu kalau dirinya tak boleh memasuki wilayah AS.

Pihak TNI tak tahu-menahu mengenai larangan tersebut. Setelah pelarangan terjadi, Panglima TNI dan stafnya pun langsung memberi laporan pada Presiden, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Politik, Hukum dan Keamanan.

Sumber : dream.co.id
Previous
Next Post »